Penggolongan Sumber Daya Alam Bagi Masyarakat

Penggolongan Sumber Daya Alam Bagi Masyarakat


Penggolongan sumber daya alam bagi masyarakat. Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan dalam proses produksi. Sumber daya alam dapat bermanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Sehingga nilai sumber daya alam dapat ditentukan oleh nilai kemanfaatan bagi manusia. Sumber daya alam tidak akan habis jika manusia menggunakannya dengan cara menghemat. Sumber daya alam menurut bentuk yang dapat dimanfaatkan ada 4 yaitu sebagai berikut:

1. Atas dasar kemungkinan pemilihan / kelestarian pemanfaatan

Ada 4 jenis sumber daya alam atas dasar kemungkinan pemilihan / kelastarian pemanfaatan yaitu sebagai berikut :
  1. Sumber daya alam yang tidak dikhawatirkan habis (Mexaus tible Resources) yaitu sumber daya alam yang akan selalu ada dan tidak habis walaupun digunakan secara terus dan juga akan terus berkelanjutan. Contohnya : udara, angin, air, matahari, hujan.
  2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (Renewable Resources) yaitu sumber daya alam yang dapat dikembalikan persediannya dalam waktu yang cepat, sehingga tidak akan habis. Tetapi jika penggunaannya melebihi batas, maka sumber daya alam tersebut dapat habis dan punah. Oleh karena itu dalam menggunakannya harus sesuai kebutuhannya saja tidak lebih. Contoh sumebr daya alam yang dapat diperbarui yaitu flora dan fauna.
  3. Sumber daya alam tidak dapat diperbarui (Un Renewable Resources) yaitu sumber daya alam yang memerlukan waktu yang sangat lama hingga ratusan tahun untuk pemulihannya. Jika telah habis dimanfaatkan maka tidak bisa dipulihkan sama sekali. Sumber daya alam ini jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan pada akhirnya akan habis. Contohnya : minyak bumi, batu bara, berbagai mineral.
  4. Sumber daya alam tidak cepat habis karena nilai konsumtif terhadap barang itu relatif kecil.. Manusia hanya memanfaatkan dalam jumlah kecil dan sumber daya alam ini dapat dipakai secara berulang – ulang.  Contohnya : intan, batu permata, logam mulia.

2. Atas dasar proses terbentuknya

Ada 2 jenis sumber daya alam atas dasar proses terbentuknya yaitu sebagai berikut :
  1. Sumber daya alam fisik (non hayati) yaitu sumber daya alam yang terbentuk melalui proses fisik dan kekuatan alam serta berupa benda mati seperti benda padat, cair dan gas. Contohnya : udara, matahari, air, tanah dan bahan galian (hasil tambang).
  2. Sumber daya alam non fisik (hayati) yaitu sumber daya alam yang terbentuk melalui proses berupa benda hidup seperti tumbuhan dan hewan. Sehingga contoh dari sumber daya alam hayati adalah flora dan fauna.

3. Atas dasar nilai kegunaannya

Ada 2 jenis sumber daya alam atas dasar nilai kegunannya yaitu sebagai berikut :

a. Sumber daya alam ekonomis

Yaitu sumber daya alam yang cara memperolehnya memerlukan biaya atau pengobarbanan. Sumber daya alam ekonomis dibedakan menjadi 2 yaitu :
  • Sumber daya alam ekonomi tinggi yaitu untuk mendapatkannya memerlukan biaya yang sangat besar. Contohnya logam mulia.
  • Sumber daya alam ekonomi rendah yaitu untuk mendapatakannya tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Contohnya bahan – bahan bangunan.
b. Sumber daya alam non ekonomis

Yaitu sumber daya alam yang cara memperolehnya tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Contohnya udara, sinar matahari.

4. Atas dasar lokasi

Ada 2 jenis sumber daya alam atas dasar lokasi yaitu sebagai berikut :
  1. Sumber daya alam terrestrial yaitu sumber daya alam yang terdapat di daratan. Sumber daya alam ini berhubungan dengan aktivitas penduduk dalam membuat bahan industri. Contohnya tanah, hutan dan bahan galian.
  2. Sumber daya alam akuantik yaitu sumber daya alam yang terdapat diperairan. Contohnya ikan, rumput laut.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang penggolongan sumber daya alam bagi masyarakat. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Penggolongan Sumber Daya Alam Bagi Masyarakat"

Posting Komentar

wdcfawqafwef