Macam – Macam Pergerakan Lempeng Bumi

Macam – Macam Pergerakan Lempeng Bumi



Macam-macam pergerakan lempeng bumi. Pergerakan lempeng bumi artinya yaitu bahwa kerak bumi bergerak mengapung dan tidak bersifat permanen atau hanya sementara. Pergerakan lempeng disebut juga Plate Movement. Berdasarkan arah pergerakannya, perbatasan antara lempeng tektonik yang satu dengan lainnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu divergen, konvergen dan transform. Divergen yaitu gerakan saling menjauh. Konvergen yaitu gerakan saling mendekat. Sedangkan transform yaitu gerakan berlawanan arah. Sebenarnya tidak hanya itu saja namun masih ada satu lagi yaitu pertemuan simpang tiga. Tapi yang sering di kenal Cuma ada 3 saja. Batas – batas lempeng tektonik yaitu sebagai berikut :

1. Batas Divergen.
Batas divergen terjadi pada dua lempeng tektonik yang bergerak saling menjauh atau saling memberai (break apart). Ketika lempeng tektonik pecah, lapisan litosfer menipis dan terbelah. Dari belahan tersebut merupakan jalan keluarnya magma yang terus mengalir. Aliran tersebut lama kelamaan akan muncul hingga permukaan bumi. Yang dapat menimbulkan pulau – pulau vulkanik yang baru. Namun jika gerakan divergen terjadi di dasar laut, maka akan menimbulkan yang namanya hamparan dasar laut (seafloor spreading). Contoh divergen yaitu pematangan Tengah – Atlantik (Mid-Atlantic Ridge), yang membujur dari utara ke selatan di sepanjang samudera Atlantik.

2. Batas konvergen.
Batas konvergen adalah pergerakan lempeng tektonik yang saling mendekat atau saling bertumbukan. Jika samudra menabrak lempeng benua, maka sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk ke bawah lempeng benua, karena lempeng benua memiliki berat jenis lebih ringan. Proses tersebut disebut zona tunjaman (subduction zone). Zona ini sering terjadi gempa. Batas konvergen terdiri 3 macam yaitu :

a. Konvergen lempeng benua – samudra (ocean – continental)

Jika suatu lempeng samudra menunjam ke bawah lempeng benua, lempeng ini masuk ke lapisan astenosfer yang suhunya lebih tinggi, kemudian meleleh. Contohnya pegunungan Andes di Amerika Selatan yaitu salah satu pegunungan yang terbentuk dari proses ini. Pegunungan ini terbentuk dari konvergensi antara lempeng Nazka dan lempeng Amerika Selatan.

b. Konvergen lempeng samudera – samudera ( oceanic – oceanic)

Salah satu lempeng samudera menunjam ke bawah lempeng samudera lainnya, menyebabkan terbentuknya parit di dasar laut. Puncak sebagian gunung berapi ada yang akan timbul sampai permukaan dan membentuk gugusan pulau vulkanik. Contohnya pulau Aleutian di Alaska adalah  bentuk pulau vulkanik dari proses ini. Pulau ini terbentuk dari konvergensi antara lempeng pasifik dan lempeng Amerika Utara.

c. Konvergen lempeng benua – benua ( continental – continental)

Salah satu lempeng benua menunjam ke bawah lempeng benua lainnya. Wilayah yang ada di bagian tumbukan akan mengeras dan menebal, sehingga membentuk deretan pegunungan non vulkanik. Contohnya pegunungan Himalaya dan Plato Tibet. pegunungan ini terbentuk dari konvergensi antara lempeng India dan lempeng Eurasia.

3. Batas transform.
Batas transform adalah aktivitas vulkanisme dan gempa tidak kuat atau lemah. Batas transform terjadi apabila dua lempeng tektonik bergerak saling berlawanan arah atau saling menggelangsar (slide each other). Kedua lempeng tektonik tidak saling memberai ataupun saling menumpu. Batas transform disebut juga sebagai sesar ubahan bentuk (transform fault). Batas transform ini umumnya terjadi di dasr laut, namun ada juga yang berada di daratan. Contohnya Sesar San Andreas di California, USA. Ini terjadi karena pertemuan antara lempeng Amerika Utara dengan lempeng Pasifik.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang macam – macam pergerakan lempeng bumi. Semoga bermanfaat bagi anda.

1 Response to "Macam – Macam Pergerakan Lempeng Bumi"

wdcfawqafwef