Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Hewan dan Tumbuhan

Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Hewan dan Tumbuhan


Faktor-faktor penyebab kerusakan hewan dan tumbuhan. Penyebab utama kerusakan hewan dan tumbuhan yaitu manusia sendiri. Beberapa kegiatan manusia yang secara tidak langsung telah menyebabkan kerusakan pada hewan dan tumbuhan. Sehingga banyak hewan dan tumbuhan mengalami kelangkaan dan bahkan kepunahan. Padahal hewan dan tumbuhan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Untuk mencegah adanya kelangkaan dan kepunahan yang terjadi secara terus – menerus sebaiknya kita mengenali kerusakan yang terjadi pada hewan dan tumbuhan tersebut. Sehingga kita dapat mengantisipasi agar kerusakan tersebut tidak berlanjut. Faktor – faktor penyebab kerusakan hewan dan tumbuhan yaitu sebagai berikut :

1. Pengaruh evolusi

Evolusi adalah perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam jangka waktu yang sangat lama, dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. Proses evolusi ini terjadi sangat lama bahkan bisa mencapai milyaran tahun. Pada dasarnya binatang yang hidup pada zaman purba sama dengan binatang yag hidup sekarang. Walaupun terdapat perbedaan dalam beberapa hal. Proses evolusi ini mengakibatkan, spesies yang lama tergantikan dengan spesies yang baru dan lebih sempurna.

2. Seleksi alam

Seleksi alam adalah penyeleksian lingkungan hidup sehingga makhluk hidup dapat bertahan hidup disuatu wilayah tertentu. Penyeleksian ini dapat berupa iklim dan ketersediaan makanan. Makhluk hidup yang dapat menyesuaikan diri pada suatu wilayah maka akan tetap bertahan hidup, sedangkan makhluk hidup yang sulit untuk menyesuaikan diri pada suatu wilayah maka akan punah atau mungkin berpindah tempat. Ada 2 faktor utama dalam menentukan seleksi alam yaitu sebagai berikut:
  • Faktor alam. Faktor alam tertentu akan membatasi kemampuan hidup suatu organisme, misalnya didaerah gurun hanya terdapat jenis makhluk hidup tertentu yang dapat bertahan hidup terhadap iklim dan jumlah air yang terbatas.
  • Faktor lingkungan. Sekumpulan makhluk hidup yang tinggal disuatu wilayah akan bersaing dalam memperebutkan makanan dan juga ruang untuk hidup. Makhluk hidup yang menang dalam bersaing maka akan bertahan hidup. Namun jika kalah bersaing maka akan punah.
3. Adaptasi lingkungan

Yaitu penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan yang berbeda dan juga akan menghasilkan makhluk hidup baru yang berbeda pula. Penyesuaian ini dikarenakan lingkungan hidup di dunia sangat beraneka ragam. Sehingga adanya penyesuaian ini akan terjadi keanekaragaman makhluk hidup.

4. Perusakan oleh manusia
  • Kepadatan penduduk menyebabkan tuntutan kebutuhan hidup manusia menjadi lebih tinggi yang menyebabkan terjadi perburuan hewan dan penebangan hutan yang berlebihan dan mengabaikan pembangunan yang berkelanjutan.
  • Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), missal :
  1. Teknologi maju yaitu nuklir
  2. Teknologi adaptif yaitu relokasi industry, perumahan
  3. Teknologi protektif yaitu melindungi ekosistem
5. Bencana alam

Bencana alam akan mempercepat rusaknya lingkungan dan kehidupan hewan dan tumbuhan di bumi. Contoh bencana alam yaitu gempa bumi, banjir, tanah longsor, angin topan, tsunami, gunung meletus, dsb. Bencana alam ada 2 macam yaitu bencana alam yang dapat dicegah, contohnya banjir, tanah longsor. Dan bencana yang tidak dapat dicegah yaitu gunung meletus, gempa bumi dan tsunami. Bencana alam yang dapat dicegah dengan melakukan reboisasi dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hewan dan tumbuhan harus kita jaga dan dirawat agar keberadaannya tidak punah. Hewan dan tumbuhan sangar diperlukan manusia dalam kebutuhan sehari – hari.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang faktor – faktor penyebab kerusakan hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Hewan dan Tumbuhan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef