Deep Freeze | Cara Ampuh Mengamankan Komputer Windows dari Serangan Virus dan Salah Setting

Deep Freeze | Cara Ampuh Mengamankan Komputer Windows dari Serangan Virus dan Salah Setting.

Mengamankan Windows dari Virus dengan Deep Freeze. Untuk saat ini metode ini terbilang cara yang paling aman untuk mengamankan komputer windows kesayangan kita dari ancaman dan serangan virus yang menyebalkan. Virus adalah sebuah program juga yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk merusak atau mengganggu sistem yang berjalan di komputer terutama yang berbasis sistem operasi windows. Sehingga pengguna atau user dari komputer itu akan di repotkan oleh hal-hal yang tidak menyenangkan sebagai akibat dari serangan virus tersebut.

Disamping itu terdapat sebagian virus yang sengaja diciptakan untuk mencuri data pribadi kita yang tersimpan di dalam komputer windows, atau data yang di inputkan melalui keyborad. Virus ini biasa dikenal dengan malware. Umumnya penyebaran malware ini terjadi saat komputer windows kita sedang online dengan internet. 

Sedangkan virus-virus mengganggu lainnya yang penyebarannya lewat flash disk akan menyebabkan beberapa atau seluruh file yang terdapat di dalam flash disk maupun komputer akan hilang. Hilangnya file yang tersimpan di flashdisk ini dalam posisi ter hidden atau disembunyikan. Walau jenis virus ini tidak membahayakan, tetapi akan sangat merepotkan. Apalagi jika kita hendak menggunakan file tersebut untuk bekerja. Kita harus muter-muter dulu untuk membuka file yang ter hidden oleh virus tersebut.

Selain dapat mengatasi komputer windows dari serangan virus, metode yang akan saya sampaikan berikut ini juga dapat mengatasi beberapa permasalahan yang disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan setting pada komputer tersebut. Misalkan :
  • Kesalahan dalam mengedit registry (efeknya fatal pada windows)
  • Kesalahan dalam menghapus file system windows (efek fatal juga)
  • Kesalahan dalam mengganti IP Address (efek tidak fatal, jaringan bisa error)
  • Kesalahan dalam mengganti tema, wallpaper, screensaver (efek tidak ada, umumnya kesalahan ini dilakukan oleh anak-anak)
  • dll
Lalu bagaimana metode yang saya sampaikan untuk Mengamankan Komputer Windows dari Serangan Virus dan Salah Setting ini dapat bekerja maksimal pada komputer windows anda ? Berikut ini adalah penjelasan singkat yang dapat saya uraikan untuk mengatasi masalah tersebut.
  1. Silahkan pada komputer windows anda Install program windows yang bernama Deep freeze
  2. Program ini merupakan program yang berfungsi untuk mengembalikan atau merestore konfigurasi dan setting yang telah dilakukan oleh admin pada komputer windows tersebut.
  3. Silahkan anda cari program Deep Freeze dari internet. Gunakan fasilitas google search untuk mencari dengan kata kunci d0wnl0ad deep freeze. Mohon maaf saya belum bisa share master programnya.
  4. Setelah anda mempunyainya, Install program tersebut pada komputer windows anda.
  5. Kemudian setelah selesai anda dapat me-restart komputer windows tersebut.
  6. Setelah booting dan windows siap digunakan, anda akan diminta untuk memberikan password pada deepfreeze tersebut.
    install depp freeze komputer windows
    install deep freeze komputer windows
  7. Jika saat ini anda ingin memberikan password, silahkan klik yes,
  8. Namun jika password diberikan kemudian, silahkan klik no. Pop up windows akan tertutup secara otomatis.
  9. Untuk mengakses kembali menu deep freeze pada windows, silahkan gunakan kombinasi tombol berikut ini ;
    • CTRIL + SHIFT + ALT + F6
  10. Sehingga terbuka jendela deep freeze seperti gambar dibawah ini.
    jendela utama deepfreeze
    jendela utama deepfreeze
  11. Berikut ini penjelasan dari menu deepfreeze ;
    • Boot frozen : dalam posisi ini komputer anda akan terlindungi penuh saat anda maupun orang lain menggunakan, deepfreeze akan membekukan boot komputer anda dan merestore ke keadaan semula. walaupun windows telah diacak-acak oleh virus maupun pengguna yang tidak bertanggung jawab.
    • Boot Thawed on Next :Jika anda mengaktifkan deepfreeze pada posisi ini, anda harus memasukan angka pada kolom didepanya, dengan tujuan keamanan deep freeze akan dibuka pada berapa kali komputer di restart. Sebagai contoh anda memasukan angka 2. Deepfreeze akan terbuka selama dua kali anda merestart komputer, sedangkan untuk restart selanjutya otomatis deep freeze akan membekukan komputer windows anda kembali. 
    • Boot Thawed : Jika anda memilih mode ini, fungsi deep freeze untuk melindungi komputer anda dengan cara mebekukan boot akan di disable. Artinya segala perubahan pada komputer anda yang disebabkan oleh virus maupun oleh user akan mampu merubah keadaan komputer anda.
  12. Untuk menerapkan pilihan boot anda, silahkan klik OK atau apply and reboot komputer windows anda.
  13. Sekian, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Deep Freeze | Cara Ampuh Mengamankan Komputer Windows dari Serangan Virus dan Salah Setting"

Posting Komentar

wdcfawqafwef