Faktor Penyebab Terjadinya Masyarakat Multikultural

Faktor Penyebab Terjadinya Masyarakat Multikultural


Multikultural berasal dari kata “multi” yang artinya banyak dan “culture” yang artinya budaya. Sehingga masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki lebih dari dua kebudayaan. Secara luas, Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri atas lebih dari dua kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan karakteristik, di dorong oleh latar belakang histories, kondisi geografis dan pengaruh kebudayaan asing. Masyarakat multikultural disebut juga dengan masyarakat majemuk atau masyarakat plural. Pencetus masyarakat multikultural adalah JS. FURNIVAL. Masyarakat multikultural terjadi karena beberapa penyebab. Berikut beberapa faktor penyebab masyarakat Indonesia menjadi masyarakat multikultural yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Keadaan geografis

Keadaan geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan ini merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap tercapainya masyarakat yang multikultural. Indonesia terdiri dari banyak pulau. Bentuk wilayah yang terpisah, secara regional dapat mengakibatkan komunikasi antar wilayah terputus sehingga setiap pulau berkembang sendiri – sendiri. Selain ituu adanya isolasi geografis karena antara daerah yang satu dengan daerah yang lain di pisahkan oleh hutan belantara dan pegunungan yang tinggi, sehingga akan mengakibatkan masing – masing pulau yang terpisah akan mempunyai peradaban yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, keadaan geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan akan melahirkan berbagai ragam budaya atau suku bangsa, sesuai dengan pulau yang di tempati.

2. Letak Indonesia
Letak Indonesia yang strategis diantara dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik dan juga terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Sehingga Indonesia sebagai jalur lintas perdangangan internasional yaitu antara India, Cina dan Asia Tenggara. Kondisi strategis antara dua samudera dan dua benua merupakan daya tarik tersendiri bagi bangsa – bangsa asing untuk datang, singgah atau bahkan menetap di Indonesia. Ada yang datang untuk berdagang, ada yang dating untuk menyebarkan agama yang di bawa. Oleh sebab itu, letak Indonesia pada jalur strategis pelayaran dunia akan mempengaruhi terciptanya pluralitas agama dan ras.

3. Kondisi iklim dan struktur tanah.
Wilayah hidup suku – suku bangsa memperlihatkan variasi yang berbeda – beda. Ada komunitas yang mengandalkan pada laut sebagai sumber kehidupannya. Ada juga sebagian yang mengandalkan sector pertanian. Perbedaan curah hujan dan kesuburan tanah menciptakan dua macam kondisi ekologi yang berbeda yakni daerah pertanian sawah ( wet rice cultication ) yang banyak di temui di Jawa dan Bali. Dan daerah pertanian lading ( shifting cultivation ) yang banyak di temui di luar pulau Jawa. Perbedaan ini menyebabkan terjadinya perbedaan antara Jawa dan luar Jawa dalam bidang kependudukan, ekonomi, social dan budaya. Dengan kata lain kondisi dan struktur tanah antara daerah yang satu dengan daerah lain akan menyebabkan perbedaan mata pencaharian penduduk.

4. Latar belakang sejarah.
Sejarah Indonesia pernah di jajah oleh bangsa asing menyebabkan banyak di antara para penjajah yang berdomisili dan menetap di Indonesia, sehingga terjadilah amalgamasi dan asimilasi kebudayaan. Oleh sebab itu, latar belakang sejarah mengakibatkan terjadilah diferensiasi ras, agama dan kepercayaan yang berbeda – beda di Indonesia.

5. Keterbukaan terhadap budaya luar.
Pada zaman sekarang dapat kita jumpai masyarakat Indonesia semakin komplek dan beraneka ragam. Hal ini tidak lepas dari pengaruh pembangunan dan era globalisasi yang semakin mempermudah hubungan dan komunikasi. Sehingga hal ini mengakibatkan terjadinya percampuran kebudayaan yang akan menjadi struktur budaya masyarakat Indonesia lebih beragam.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang faktor penyebab terjadinya masyarakat multikultural. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Masyarakat Multikultural"

Posting Komentar

wdcfawqafwef