Fungsi Langsung dan Tak Langsung Hutan

Fungsi Langsung dan Tak Langsung Hutan


Fungsi langsung dan tak langsung hutan. Hutan merupakan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Fungsi hutan secara umum yaitu sebagai paru – paru dunia. Adanya hutan akan dapat mengurangi polusi untuk pencemaran udara. Manfaat hutan secara tak langsung adalah kayu serta hasil hutan lainnya. Sedangkan manfaat hutan secara langsung adalah pengaturan tata air, rekreasi, mencegah terjadinya banjir dll.


1. Fungsi hutan secara langsung

Fungsi hutan secara langsung adalah dimana hasil tanaman hutan tersebut di buat suatu produk yang nilainya tinggi. Misalnya tanaman pohon jati yang dibuat menjadi perabotan rumah tangga. Fungsi hutan secara langsung ada 2 yaitu sebagai berikut :
  1. Fungsi sosial. Hutan dapat menyediakan lapangan kerja bagi penduduk. Fungsi sosial hutan ini harus dimanfaatkan penduduk secara positif. Artinya jangan sampai hutan tersebut menjadi gersang dan tandus, akibat pengambilan kayu yang berlebihan. Sehingga dalam mengambil kayu jangan berlebihan. Karena pada akhirnya akan berdampak pada kita juga.
  2. Fungsi ekonomi. Hutan menyediakan hasil hutan yang dapat digunakan bahan mentah industri. Dengan kata lain hutan dapat meningkatkan hasil devisa negara. Dengan cara memanfaatkan hasil hutan tersebut menjadi bahan yang bernilai guna tinggi.

2. Fungsi hutan secara tak langsung

Fungsi hutan secara tak langsung adalah kemampuan hutan untuk menyimpan air. Fungsi hutan secara tak langsung ada 8 yaitu sebagai berikut :
  1. Fungsi hidrologi. Berperan menyerap air hujan menjadi lebih baik dan dapat menjaga / menahan serta mengatur tata air di dalam tanah. Dengan cara daun dan ranting yang berguguran diuraikan oleh bakteri menjadi bunga tanah. Fungsi hidrologi selain untuk penyerapan juga dapat untuk menghindari bahaya erosi.
  2. Fungsi orologi. Hutan sebagai penyaring dan pembersih air melalui akar tumbuhan. Sehingga akan dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor.
  3. Fungsi klimatologi. Hutan dapat mempertahankan kelembaban udara. Sehingga hutan sebagai penyegar atau pembersih udara.
  4. Fungsi stategis. Hutan dapat dijadikan sebagai tempat pertahanan dan perlindungan pada saat dalam peperangan.
  5. Fungsi estetis. Hutan merupakan keindahan alam. Sehingga hutan dapat dijadikan untuk tempat rekreasi bersama.
  6. Fungsi suaka marga satwa. Hutan yang berfungsi untuk melindungi dan melestarikan fauna yang langka agar keberadaannya tidak punah.
  7. Fungsi cagar alam. Hutan berfungsi untuk melindungi dan melestarikan flora yang langka agar keberadaannya tidak punah. 
  8. Fungsi ilmiah. Hutan dapat dijadikan sebagai tempat untuk penelitian dan ilmu pengetahuan.


Hutan menjaga keseimbangan ekosistem dunia, mencegah rantai makanan agar siklusnya tidak terganggu dan mengusik kelangsungan hidup manusia. Hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup flora dan fauna serta dapat mencegah timbulnya pemanasan global. Adanya hutan akan dapat mencegah terjadinya erosi atau pun tanah longsor, karena adanya fungsi hidrologi. Fungsi ini sangat diperlukan guna agar tidak terjadi hal tersebut. Selain fungsi hidrologi, fungsi ekonomi sangat dibutuhkan negara guna meningkatkan hasil devisa negara melalui hasil hutan tersebut.

Hutan itu perlu di jaga dan di rawat agar hutan itu tetap lestari. Dan janganlah sekali – kali merusak hutan, karena hutan sangat kita perlukan dan juga hutan itu sebagai paru – paru dunia. Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang fungsi langsung dan tak langsung hutan. Semoga bermanfaat bagi anada semua.

0 Response to "Fungsi Langsung dan Tak Langsung Hutan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef