Beberapa Cara yang Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Status

Beberapa Cara yang Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Status


Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan status. Ada banyak cara untuk seseorang dapat meningkatkan statusnya, agar seseorang itu lebih dihormati dalam masyarakat. Seseorang meningkatkan statusnya berguna untuk kepuasan diri dan agar di pandang lebih baik dalam masyarakat. Dalam meningkatkan status, seseorang biasanya dengan sengaja untuk meningkatkan statusnya. Agar ia dipandang menjadi orang yang lebih dihormati dalam masyarkatnya. Namun ada juga yang tidak disengaja, karena memang ia berusaha untuk menjadi terbaik di masyarakatnya. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan statusnya yaitu sebagai berikut :


1. Perubahan Tempat Tinggal

Seseorang dapat meningkatkan statusnya yang lebih tinggi, dapat dilakukan dengan perubahan tempat tinggal. Yaitu dari tempat tinggal yang biasa ke tempat tinggal yang lebih baik. Misalnya seseorang yang tinggal di tempat biasa, ia akan meningkatkan statusnya jikalau ia pindah ke tempat tinggal yang lebih elit dan baik dari yang sebelumnya. Sehingga orang tersebut sudah dapat dikatakan bahwa statusnya meningkat, karena perubahan tempat tinggal tersebut.

2. Perubahan Standar Hidup

Naiknya gaji seseorang belum tentu akan naiknya status seseorang tersebut. Tetapi dengan naiknya gaji seseorang, maka ia akan merubah standar hidupnya menjadi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Kenaikan standar hidupnya akan dapat mempengaruhi pada peningkatan status seseorang tersebut. Misalnya seseorang guru honorer yang bekerja di sebuah sekolahan dengan gaji yang pas – pasan, karena ia mengikuti test CPNS dan ia diterima. Maka ia otomatis telah menjadi seorang guru PNS dengan gaji yang cukup tinggi dari pada sebelumnya. Sehingga ia dapat merubah standar hidupnya. Sedangkan status sosialnya dalam masyarakat akan naik yang lebih tinggi dari sebelumnya.

3. Perubahan Tingkah Laku

Seseorang dapat meningkatkan statusnya yang lebih tinggi dengan cara mempraktekkan bentuk – bentuk tingkah laku dan sifat kelas yang lebih tinggi. Praktek ini tidak hanya pada tingkah laku saja, tetapi cara berpakaian, kebiasaan, ucapan, kegembiraan dll. Misalnya jikalau seseorang ingin naik kekelas atas maka ia harus mengubah tingkah lakunya yang sesuai dengan kelas tersebut agar diterima.

4. Mengubah Nama

Seseorang dapat meningkatkan status sosialnya melalui cara mengubah nama. Dengan mengubah nama tersebut, maka seseorang akan lebih di hormati dalam masyarakat. Dalam mengubah nama ini posisi seseorang akan lebih tinggi daripada sebelumnya. Misalnya seseorang dalam masyarakat yang belum haji biasanya dipanggil dengan sesebutan namanya saja, akan tetapi jikalau ia berangkat haji setelah ia pulang dari haji, maka ia akan di panggil dengan tambahan H/HJ. Sehingga dapat dikatakan posisi orang tersebut sudah naik. Dari yang rendah ke tinggi.

5. Perkawinan

Melalui pernikahan juga termasuk dapat meningkatkan status seseorang. Dari yang rendah ke tingkat yang tinggi. Misalnya seseorang yang berasal dari keluarga yang sederhana menikah dengan seorang berasal dari keluarga yang terpandang di masyarakat. Maka status seseorang tersebut akan naik, karena pengaruh pasangannya.

6. Bergabung Dengan Organisasi Tertentu

Bergabung dengan organisasi tertentu akan meningkatkan status seseorang yang telah bergabung di dalamnya. Dengan menjadi anggota suatu organisasi tertentu akan ikut menaikkan rasa iri terhadap seseorang lainnya. Sehingga ia akan beruasaha untuk menjadi yang lebih baik dari orang lain. Contohnya seseorag yang tidak berpendidikan dapat bergabung pada ormas – ormas teretntu. Setelah ia bergabung pada ormas tersebut, maka ia akan menyadari potensi dan bakat dalam dirinya. Setelah ia mengetahui potensi dan bakat dalam dirinya, maka ia akan mengembangkan potensi dan bakatnya dalam masyarakat. Sehingga status sosialnya akan meningkat.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan status. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Beberapa Cara yang Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Status"

Posting Komentar

wdcfawqafwef