Setting Jaringan Pada Virtual Machine Aplikasi UNBK

Setting Jaringan Pada Virtual Machine Aplikasi UNBK.

Setting Jaringan Virtual Machine UNBK. Agar terbentuk koneksi jaringan yang stabil dan tanpa kendala dalam proses berlangsungnya UNBK (Ujian NAsional Berbasis Komputer). Jaringan harus disetting sedemikan rupa sehingga antara jaringan di komputer lokal (host) dan komputer guest dapat saling terhubung dan tetap berkomunikasi lancar untuk menghubungkan lalu lintas data ke masing-masing client peserta UNBK. Dalam kasus ini di ilustrasikan bahwa komputer host harus dapat terhubung dengan internet, karena nantinya berhubungan dengan proses sinkronisasi, pengambilan token, dan upload hasil ujian UNBK kei server UNBK pusat. Sementara akses internet di komputer client (yaitu komputer peserta UNBK) harus di non aktifkan.

Untuk itu panduan berikut akan membantu anda untuk melakukan setting pada jaringan atau network di komputer lokal (host) agar tetap terhubung dengan komputer guest, dalam hal ini mesin virtual untuk menjalankan UNBK. dan juga komputer client dimana peserta ujian UNBK mengerjakan soal.

Panduan Setting Jaringan UNBK 2017.

  1. Pastikan komputer lokal memiliki 2 port atau 2 lubang kartu jaringan / NIC / Network Interface Card / LAN Card. dengan ketentuan sebagai berikut ;
    • LAN 1 digunakan untuk koneksi ke LAN (Local Area Network) yang mengarah ke komputer client  untuk terhubung ke peserta UNBK.
    • Sementara LAN 2 digunakan untuk menyambung ke koneksi internet langsung ke port modem.
  2. Aktifkan 2 LAN/NIC pada virtual machine dengan cara mensetting adaptor di dalamnya.
  3. Masuk ke menu Mesin / Machine - Pengaturan / Settings (lakukan setting ini dalam keadaan virtual machine posisi OFF.
    • LAN 1 diatur Adaptor terbridge : Dengan memilih LAN card yang mengarah ke komputer client
    • LAN 2 diatur NAT.
  4. Untuk selanjutnya, silahkan perhatikan video berikut ini agar lebih jelas

Video Guide.


0 Response to "Setting Jaringan Pada Virtual Machine Aplikasi UNBK"

Posting Komentar

wdcfawqafwef