5 Cara Mengatasi Anak Bila Takut Bermain

5  Cara Mengatasi Anak Bila Takut Bermain


5 cara mengatasi anak bila takut bermain. Anak takut bermain bersama teman – temannya karena ia merasa tidak memiliki keberanian untuk tampil dihadapan orang teman – temanya. Jika hal ini tidak segera diatasi oleh orang tua, maka akan menganggu perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua harus segera mengatasinya agar tidak berdampak buruk pada perkembangan anak. Terkadang anak yang merasa takut sama temannya ini akan mempengaruhi prestasi anak di sekolah. Karena ia merasa kurang di anggap sebagai siswa yang berprestasi. Rasa takut anak untuk bermain akan berdampak negatif bagi anak itu sendiri. Oleh sebab itu, orang tua harus segera mengatasinya yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Memotivasi anak

Bila anak takut bermain bersama teman, anda bisa memotivasi anak dengan cara menceritakan kisah – kisah yang inspiratif pada anak sehingga anak akan termotivasi dengan cerita tersebut. Melalui hal ini anak akan merasa menjadi lebih percaya diri terhadap temannya sehingga ia tidak merasa takut dengan teman – temannya pada saat bermain bersama.

2. Melatih untuk berani berbicara

Terkadang anak takut bermain bersama temannya karena ia tidak berani untuk berbicara dengan temannya tersebut. Bila hal ini di biarkan terus menerus sampai kapan pun ia tidak akan berani untuk berbicara sama temannya. Oleh karena itu, orang tua harus segera mengatasinya dengan cara, pada saat di rumah minta anak untuk memberi pendapatnya tentang suatu hal. Bila hal ini dilakukan terus menerus anak akan lebih berani untuk berbicara dengan temannya atau berhadapan dengan banyak orang.

3. Membuat kegiatan anak bersama teman

Membuatkan kegiatan anak bersama temannya akan cukup bisa membuat anak merasa tidak takut dengan temannya pada saat bermain bersama. Membuat kegiatan ini anak akan bisa menambah interaksi bersama teman – temannya. Membuat kegiatan bersama teman contohnya mengadakan pesta kecil – kecilan yang mengundang teman  - temannya. Sehingga melalui hal ini anak akan lebih percaya diri terhadap teman – temannya dan tidak merasa takut lagi sama temannya pada saat bermain bersama.

4. Memberi contoh pada anak

Anak sering meniru apa yang di lakukan orang tuanya. Sehingga ajarilah atau berikan contoh yang baik pada anak agar anak meniru hal baik tersebut. Untuk meningkatkan agar anak tidak takut bermain dapat dilakukan dengan cara memberi contoh pada anak dengan berpendapat dan berani tampil dihadapan orang banyak. Sehingga anak akan meniru tindakan orang tuanya tersebut dan anak merasa tidak takut lagi bermain bersama temannya.

5. Beri sanjungan pada anak

Bila anak takut bermain bersama temannya, berilah sanjungan pada anak agar anak berusaha percaya diri terhadap temannya. Contohnya orang tua memberikan sanjungan pada saat ia berani berpendapat dengan tegas. Dalam memberikan sanjungan ketika anak melakukan sesuatu yang positif. Sehingga dengan hal ini anak akan meningkatkan rasa percaya diri dan akan menghilangkan rasa takut pada anak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan anak merasa takut bermain, salah satunya yaitu anak sering menonton film horor. Terkadang banyak orang tua menonton film horor, tetapi ia tidak memperhatikan anak mereka. Film horor ini akan membuat anak menjadi tertekan dan akan menakutkan bagi mereka. Sehingga anak akan merasa takut bermain, karena ia masih teringat film horor yang pernah ia tonton.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang 5  Cara Mengatasi Anak Bila Takut Bermain. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Anak Bila Takut Bermain"

Posting Komentar

wdcfawqafwef