Ciri Penyakit Cacingan Pada Anak dan Cara Mencegahnya

Ciri Penyakit Cacingan Pada Anak dan Cara Mencegahnya


Ciri penyakit cacingan pada anak dan cara mencegahnya. Penyakit cacingan ini sering di alami oleh anak – anak. Penyakit ini harus di perhatikan oleh para orang tua supaya segera melakukan pencegahan. Penyakit ini jangan sampai di anggap sepele. Cacingan biasanya disebabkan karena cacing kremi, cacing pita, cacing tambang. Namun cacingan juga dapat terjadi pada orang dewasa yang disebabkan oleh cacing cambuk dan cacing gelang. Cacing – cacing tersebut bisa masuk ke tubuh manusia karena sering mengkonsumsi makanan yang tidak higienis.

A. Ciri – ciri anak cacingan


1. Nafsu makan berkurang


Bila anak nafsu makannya berkurang bisa juga termasuk cacingan. Sehingga orang tua harus mewaspadai hal ini. Namun nafsu makan anak berkurang juga bukan suatu tanda bahwa anak terkena cacingan. Tetapi juga dapat anak sedang stress atau mengalami penyakit lain. Sehingga nafsu anak berkurang tidak bisa dijadikan penyebab dari penyakit cacingan.

2. Berat badan sulit naik


Mungkin nafsu makan yang sangat banyak tidak salah bagi seorang anak. Namun perlu di khawatirkan bahwa jika nafsu anak bertambah setiap harinya tapi berat badannya tidak naik. Maka hal ini dapat memungkinkan terjadinya cacingan pada anak. Karena sari makanan yang dimakan anak akan terbagi dengan parasit cacingan.


3. Tubuh lemah dan lesu


Bila nafsu makan anak sering berkurang secara terus – menerus. Maka akan membuat tubuh anak menjadi lemas dan lesu. Oleh karena itu, orang tua harus mewaspadai hal ini atau jika perlu membawa anak ke dokter untuk mengetahui sebab terjadinya hal tersebut. Sehingga akan tahu bahwa anak tersebut terkena cacingan atau tidak ataupun ia sedang terkena penyakit lain.


4. Wajah pucat

Wajah pucat juga dikarenakan nafsu anak yang berkurang atau bisa jadi anak makan banyak, tapi kebutuhan gizi tidak ada di dalam tubuhnya. Karena sari makanan tersebut harus dibagi dengan cacing jahat yang ada di tubuh anak. Sehingga tubuh anak kekurangan nutrisi secara penuh dan otomatis akan membuat wajah pucat. Oleh karena itu, hal ini harus di perhatikan oleh orang tua pada diri anak, jika anak mengalami perubahan seperti hal tersebut.

5. Sering batuk


Anak memang sangat mudah terkena penyakit batuk atau pilek. Batuk biasanya disebabkan karena makanan yang digoreng dengan minyak bekas atau pengaruh cuaca. Namun batuk yang berkepanjangan akan dapat memicu penyakit cacingan pada anak. Batuk ini terjadi karena telur cacing ikut ke makan dan tertelan sehingga akan menetas di bagian lambung anak.

B. Cara mencegah cacingan

  1. Pastikan orang tua yang memasak makanan sendiri dan sayuran yang di masak harus di cuci lebih dulu hingga bersih sebelum dimasak atau dikonsumsi oleh anak.
  2. Jika masak ikan atau daging, masaklah hingga matang supaya bakteri atau cacing dalam ikan atau daging tersebut benar – benar tidak ada atau hilang. Sehingga dengan hal ini akan bisa untuk mencegah terjadinya cacingan pada anak.
  3. Ajarkan anak untuk mencuci tangannya pada saat makan ataupun sehabis buang air.
  4. Guntinglah kuku anak setelah panjang sedikit agar cacing tidak punya tempat untuk bertelur. Serta jangan biarkan anak untuk mengigit kukunya.
  5. Jangan biarkan anak bermain tanpa mengenakan alas kaki. Karena berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki akan menimbulkan terjadinya cacingan. Oleh karena itu, ingatkan ia untuk selalu memakai alas kaki disaat ia akan keluar dari rumah terutama akan bermain di luar rumah.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang ciri – ciri penyakit cacingan pada anak dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Ciri Penyakit Cacingan Pada Anak dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef