7 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

7 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh


7 cara mengobati sariawan agar cepat sembuh. Sariawan tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja tapi anak – anak pun bisa terkena sariawan. Keberadaan sariawan sangatlah mengganggu karena pada saat kita makan akan merasa sakit jika makanan tersebut tak sengaja menyentuh sariawan tersebut. Penyebab sariawan yaitu karena kekurangan vitamin C. Namun terkadang para ahli mengatakan bahwa penyebab sariawan tidak diketahui secara pasti. Sariawan tidak hanya muncul sekali, namun sariawan akan muncul lagi meski sudah pernah terjadi tentunya pada tempat yang berbeda atau bisa saja di tempat yang sama. Cara mengobati sariawan yaitu sebagai berikut :


1. Air kelapa

Air kelapa sangatlah cocok untuk menghilangkan sariawan dengan cepat karena air kelapa dapat membersihkan zat yang tidak baik untuk tubuh. Biasanya sariawan akan menimbulkan dehidrasi pada tubuh, sehingga air kelapa ini sangat cocok di saat sariawan dan sekaligus dapat menghilangkan sariawan tersebut.

2. Mengkonsumsi buah – buahan

Penyebab sariawan yaitu kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin C harus selalu terpenuhi agar terhindar dari sariawan pada mulut. Memenuhinya swngancara mengkonsumsi buah – buahan terutama yang mengandung vitamin C dan tentunya akan sangat membantu menghilangkan sariawan dan juga dapat terhindar dari sariawan.

3. Air garam

Air garam tidak hanya untuk meredakan sakit tenggorokan saja. Tetapi air garam juga bisa digunakan untuk meredakan sariawan. Dengan cara menjadikan air garam sebagai obat kumur. Gunakanlah setengah sendok teh garam ke dalam segelas air. Kemudian berkumurlah berkali – kali lalu buang airnya. Cobalah hal ini dalam sehari 3 kali.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk membunuh jamur. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk membunuh jamur di mulut dan menghilangkan sariawan. Caranya bila memasak tambahkan lebih banyak bawang putih pada makanan. Dalam menambahkan bawang putih pada masakan jumlahnya masih wajar jangan terlalu banyak.

5. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang dianggap bisa mengobati sariawan. Karena yogurt dapat membunuh bakteri yang menginfeksi sariawan. Cara mengobatinya cukup mudah hanya perlu berkumur dengan yogurt selama 30 detik. Selain untuk berkumur juga dapat di konsumsi dengan 2 gelas dalam sehari. Untuk meredakan sariawan pilihlah yogurt yang tidak mengandung gula.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meredakan sariawan karena minyak kelapa dapat membunuh jamur dan bakteri. Sehingga sangat cocok untuk membunuh jamur pada sariawan tersebut. Caranya yaitu pertama berkumurlah dengan air hangat lalu oleskan minyak kelapa ke bagian mulut terutama pada sariawan. Kemudian diamkan kurang lebih selama 10 – 15 menit. Lalu berkumurlah kembali dengan air hangat.

7. Baking soda

Baking soda sangat hebat untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan infeksi bakteri. Sehingga baking soda sangat cocok untuk membunuh jamur pada sariawan. Caranya mencampur 10 ml air dengan sesendok teh baking soda. Lalu aduk hingga berbentuk pasta. Kemudian poles pasta tersebut hingga ke seluruh area mulut. Diamkan hingga mongering, setelah itu bersihkan dengan cara berkumur.

Sebetulnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus di obati, tetapi akan membutuhkan proses yang lama untuk penyebuhannya. Oleh karena itu, tidak ada salhnya bila kita mengatasinya untuk mempercepat penyembuhannya. Makanlah buah – buahan yang mengandung vitamin C. karena sanga cocok untuk tubuh. Dan hindarilah makanan yang terlalu panas, dingin dan juga pedas. Karena bisa menimbulkan gusi akan luka atau terkena panas dalam.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang 7 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "7 Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh"

Posting Komentar

wdcfawqafwef