Cara Mengatasi Power Window Mobil Ngadat (Skema Relay Motor Power Window)

Cara Mengatasi Power Window Mobil Ngadat (Skema Relay Motor Power Window),

Mengatasi Power Window Mobil Ngadat. Power window merupakan fitur atau fasilitas yang diberikan oleh pabrik pembuat mobil untuk memudahkan pengemudi ataupun penumpang dalam membuka atau menutup jendela pada pintu-pintu mobil. Pengoperasian membuka atau menutup jendela mobil biasanya menggunakan dinamo atau motor penggerak yang di hubungkan dengan tombol-tombol pada door trim di pintu mobil. Umumnya macet pada power window adalah jendela kaca tidak dapat naik atau turun. Sehingga posisi jendela mobil akan selalu terbuka atau bahkan tertutup terus. Kasus seperti ini jarang sekali terjadi pada mobil- mobil keluaran terbaru, umumnya terjadi pada mobil yang sudah mempunyai usia diatas 5 sampai 10 tahun. 

Sebelum anda membawa mobil kesayangan anda ke bengkel, alangkah lebih baik anda cek terlebih dahulu apa yang menjadi permasalahan pada jendela mobil anda tersebut, sedikit diagnosa bisa anda lakukan pada bagian-bagian yang sering beroperasi pada power window tersebut. diantaranya ;
  1. Mengecek tombol power window.
    •  Mengapa saya awali dari komponen ini ? karena pada tombol power window sering sekali di operasikan oleh pengemudi maupun penumpang mobil tersebut. Coba anda cek apakah tombol dapat ditekan dengan baik atau tidak.
  2. Karet pengaman kaca.
    • Karet ini berfungsi untuk mengamankan kaca jendela agar kaca dapat bergerak naik turun dengan benar, selain itu karet ini berfungsi untuk mencegah air masuk kedalam door trim saat jendela naik turun dalam keadaan basah.
  3. Motor atau dinamo penggerak power window.
    • Untuk menemukan motor atau dinamo ini, anda harus bersusah payah terlebih dahulu membuka door trim, karena letak motor power window di dalam door trim. Setelah anda berhasil membuka door trim cek motor dengan cara menghubungkan masing-masing terminal motor langsung ke sumber battery (Plus dan Minus). Boleh dalam keadaan terbalik, karena motor dapat berputar dengan arah bolak balik, sesuai dengan arah membuka dan menutup kaca yaitu naik dan turun. Jika motor power window masih dapat beroperasi, kita pastikan kondisi motor power window normal.
  4.  Kabel penghubung dari Switch power window ke motor.
    • Ini juga merupakan komponen penting yang perlu anda perhatikan dalam mengecek kondisi power window yang sedang macet, kabel ini akan mengalirkan arus listrik dari battery ke motor power window yang di fasilitasi oleh relay. Coba anda cek arus yang mengalir pada kabel-kabel tersebut menggunakan AVO meter. Periksa juga ujung-ujung kabel yang tersambung dengan konektor. Jika arus mengalir dengan lancar tanpa hambatan yang besar, kita pastika kabel sudah mampu mengalirkan arus listrik ke motor power window.
  5. Relay Power Window.
    • Ini adalah komponen terakhir sasaran kita yang menjadi target diagnosa masalah power window yang ngadat. Biasanya relay sudah aus atau terbakar pada titik kontaknya, sehingga tidak lagi dapat mengalirkan arus listrik dari battery ke motor power window. Untuk mengatasinya cukup diganti dengan yang baru. Nah jika pada saat anda hendak mengganti dan pengkabelanya sudah agak semprawut, anda harus mengetahui skema pengkabelanya terlebih dahulu. untuk itu dibawah ini akan saya jelaskan lebih rinci lagi skema pengkabelan relay motor power window.

Skema Pengkabelan Relay Power Window.


0 Response to "Cara Mengatasi Power Window Mobil Ngadat (Skema Relay Motor Power Window)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef