Dampak dari Mobilitas Sosial Bagi Masyarakat

Dampak dari Mobilitas Sosial Bagi Masyarakat


Dampak dari mobilitas sosial bagi masyarakat. Mobilitas sosial yaitu suatu bentuk perubahan kedudukan seseorang baik itu naik atau turun. Perubahan ini akan memberikan dampak - dampak tertentu terhadap struktur sosial dalam masyarakat, baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak tersebut akan mendatangkan berbagai reaksi. Reaksi tersebut dapat berupa konflik dan penyesuaian kembali. Berikut ini penjelasannya :

1. Konflik

Konflik merupakan benturan antara nilai dengan kepentingan tertentu. Benturan terjadi karena masyarakat belum bisa menerima perubahan dari mobilitas sosial dalam masyarakat. Konflik ini terdiri dari 4 macam yaitu sebagai berikut :

a. Konflik antar kelas

Mobilitas sosial memungkinkan seseorang untuk masuk ke dalam kelas – kelas sosial tertentu, baik itu kelas atas atau kelas bawah. Di dalam kelas – kelas tersebut mungkin akan terjadi perbedaan kepentingan, antara individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat. ehingga hal inilah yang akan terjadinya konflik antar kelas. Keadaan ini akan mengakibatkan keseimbangan dalam masyarakat terganggu. Contohnya konflik antara majikan dan buruh dalam suatu perusahaan.

b. Konflik kelompok masyarakat

Adanya mobilitas sosial dalam masyarakat akan memungkinkan masyarakatnya berusaha untuk menguasai kelompok lain. Sehingga akan terjadi persaingan antar kelompok sosial untuk mendapatkan dominasi dan menyebabkan stabilitas sosial goyah. Contohnya konflik antar ras.

c. Konflik antargenerasi

Adanya mobilitas sosial dalam masyarakat akan menimbulkan konflik antargenerasi. Dimana akan terjadi pergeseran hubungan antara generasi muda dengan generasi tua. Generasi tua akan tetap mempertahankan nilai – nilai lama, namun generasi muda ingin mengubah nilai – nilai tersebut dalam masyarakat. Contohnya pergaulan bebas yang ada dalam masyarakat dan banyak dilakukan oleh kaum muda, dimana hal tersebut sangat bertentangan dengan nilai – nilai yang dianut oleh generasi tua.

d. Konflik status dan konflik peranan

Individu yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami konflik yang bersifat individual, jika ia tidak bisa menyesuaikan dengan keadaan barunya. Konflik individual yaitu konflik status dan konflik peranan.

Konflik status adalah pertentangan antara status satu dengan status lain yang ada di dalam diri individu. Konflik status terjadi apabila seseorang tidak bisa melakukan ke dua status dalam waktu yang sama. Contohnya seorang guru memiliki 2 peranan yaitu sebagai guru dan sebagai orang tua. Jika suatu hari ia sedang mengajar anaknya sebagai murid dan anaknya tersebut melakukan kesalahan, maka orang tua harus menggugurkan salah satu peranannya.
Konflik peranan adalah keadaan diri seorang individu tidak dapat melaksanakan peranannya yang sesuai dengan status yang dipandangnya, karena tidak mampu menyesuaikan diri dengan status yang disandangnya. Contohnya seorang guru akan menghukum siswa karena telah melanggar peraturan di sekolah yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginannya, sehingga guru tersebut menjalankannya dengan perasaan penuh tekanan.

2. Penyesuaian kembali

Konflik yang ditimbulkan dari mobilitas sosial akan mengerakkan warganya untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan yang ada, sehingga konflik akan membawa bentuk stabilitas sosial. Penyesuaian terhadap perubahan yang diakibatkan oleh mobilitas social, yaitu sebagai berikut :
  • Perlakukan baru untuk masyarakat kelas social atau generasi tertentu
  • Penerimaan individu atau sekelompok warga dalam kedudukannya yang baru
  • Pergantian dominasi dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat

Mobilitas sosial memang akan membuat orang – orang akan mengupayakan agar dapat meraih pretasi dan berusaha untuk menaikkan kelasnya sesuai dengan kemampuannya sendiri, sehingga ia akan terdorong untuk bersaing secara sehat untuk merebutkan kelas atas. Namun hal ini dapat juga akan mengakibatkan terjadinya konflik – konflik seperti di atas. Oleh karena itu, tidak perlu sampai begitu, karena bila bersaing dengan baik akan membuat kita menjadi tenang.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang dampak dari mobilitas sosial bagi masyarakat. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Dampak dari Mobilitas Sosial Bagi Masyarakat"

Posting Komentar

wdcfawqafwef