5 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah

5 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah


5 cara mengatasi anak malas sekolah. Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang sangat berguna bagi seorang anak untuk menuju masa depan yang gemilang. Namun ada salah satu permasalahan yang sering terjadi pada anak sekolah yaitu anak malas pergi sekolah. Hal ini mungkin wajar, akan tetapi jika dibiarkan terus menerus tentunya akan membawa dampak yang buruk bagi masa depan anak nantinya. Sehingga orang tua harus menanganinya agar anak sadar bahwa sekolah itu penting bagi anak untuk menentukan masa depan anak. Jika anak malas untuk sekolah, tolong jangan langsung memarahinya atau membujuk dengan memberikan suatu hadiah. Walaupun pada akhirnya anak mau pergi sekolah dengan terpaksa atau hanya ingin mendapatkan suatu hadiah tersebut. Namun cara tersebut kurang tepat, karena anak belum bisa menumbuhkan kesadaran pada diri anak akan arti penting sekolah. Seharusnya orang tua tersebut mencari tahu alasan mengapa anak tersbeut tidak mau sekolah. Jika sudah tahu jawabannya maka tenangkanlah ia lalu menasehatinya dengan baik. Agar anak tidak tersinggung. Berikut ini cara mengatasi anak yang malas sekolah yaitu sebagai berikut :

1. Bantu anak mendapat teman

Terkadang anak malas sekolah karena ia merasa tidak ada teman di sekolah. Sehingga ia merasa tidak nyaman pada saat di sekolahan. Oleh sebab itu, bantulah ia untuk mendapatkan teman pada saat di sekolah. Contohnya dengan membuat pesta di rumah dengan mengundang teman sekelasnya. Agar anak lebih akrab dengan teman sekelasnya melalui pesta tersebut.

2. Mengatasi kekerasan di sekolah

Kalau anak malas pergi ke sekolah karena pertengkaran antar teman sebayanya. Sebaiknya orang tua cepat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara berbicara dengan wali kelas atau kepala sekolah. Jangan langsung berbicara dengan anak yang bertengkar dengan anak anda atau wali muridnya. Karena bisa memperparah suasana. Biarlah pihak sekolah yang akan mengatasinya.

3. Mengatur istirahat

Terkadang anak yang istirahatnya kurang pada waktu malam hari akan mempengaruhi anak untuk sulit bangun pagi. Sehingga anak malas untuk pergi ke sekolah. Karena ia merasa masih mengantuk dan malas untuk bangun. Oleh karena itu, sebaiknya aturlah istirahat anak seefektif mungkin, dengan durasi tidur malam yaitu 8 – 9 jam per hari. Dengan istirahat yang cukup, maka ia akan mau bangun pagi setelah itu pergi ke sekolah.

4. Berikan penghargaan

Jika anak malas bersekolah, berilah ia tantangan agar ia bersemangat dalam bersekolah. Contohnya beri tantangan pada anak, jika ia pandai dan rajin maka berilah sesuatu yang membuat ia bangga dengan semangatnya. Sehingga dengan hal ini anak akan lebih giat dan rajin dalam bersekolah serta tidak malas lagi jika disuruh pergi sekolah.

5. Membuat media pembelajaran yang mudah

Orang tua dapat menggunakan media internet untuk mengulas kembali materi anak. Dengan hal ini anak akan lebih tertarik belajar, karena tampilannya yang menarik dapat membuat anak lebih nyaman menggunakannya.


Sekolah sangat berguna bagi masa depan anak yang cerah dan mendapatkan prestasi yang gemilang. Dengan melalui sekolah anak akan bisa berpikir lebih kreatif, inovanif dan efektif. Oleh karena itu, usahakanlah agar anak tetap sekolah dan tidak malas – malasan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi masa depan anak. Jika anak malas segeralah mengatasinya agar anak bangkit kembali.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang 5 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah"

Posting Komentar

wdcfawqafwef